Menguasai Narrative Text: Panduan Lengkap dengan Contoh Soal Pilihan Ganda untuk Siswa Kelas 1 SMA
Pendahuluan
Bahasa Inggris merupakan jendela dunia yang membuka berbagai peluang. Salah satu aspek fundamental dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah memahami berbagai jenis teks. Di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas 1, siswa akan diperkenalkan dengan berbagai macam teks, salah satunya adalah narrative text. Narrative text adalah jenis teks yang menceritakan sebuah urutan peristiwa, baik itu fiksi maupun non-fiksi, yang terjalin dalam sebuah cerita. Memahami struktur, elemen, dan tujuan narrative text sangat krusial untuk meningkatkan kemampuan membaca, memahami, dan bahkan menulis dalam Bahasa Inggris.
Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai narrative text, mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur kebahasaan, hingga contoh soal pilihan ganda yang dirancang khusus untuk siswa kelas 1 SMA. Dengan memahami materi ini secara komprehensif dan berlatih dengan soal-soal yang relevan, siswa diharapkan mampu menguasai narrative text dengan baik dan percaya diri.
Apa itu Narrative Text?
![]()
Secara sederhana, narrative text adalah teks yang bertujuan untuk menghibur pembaca dengan menyajikan sebuah cerita. Cerita ini bisa berupa pengalaman pribadi, dongeng, legenda, mitos, cerita rakyat, hingga kisah sejarah. Inti dari narrative text adalah adanya rangkaian kejadian yang membentuk sebuah alur cerita, melibatkan karakter, latar, dan konflik.
Ciri-Ciri Narrative Text
Sebelum menyelami contoh soal, penting untuk mengenali ciri-ciri utama dari narrative text:
- Menggunakan Urutan Waktu (Chronological Order): Kejadian dalam cerita disampaikan secara berurutan, dari awal hingga akhir. Ini bisa menggunakan kata-kata penghubung waktu seperti then, next, after that, finally.
- Memiliki Karakter (Characters): Cerita pasti memiliki tokoh atau karakter yang terlibat dalam peristiwa. Karakter bisa berupa manusia, hewan, atau bahkan benda mati yang diberi sifat seperti manusia.
- Memiliki Latar (Setting): Setiap cerita memiliki latar waktu dan tempat di mana peristiwa itu terjadi. Latar bisa spesifik (misalnya, sebuah ruangan tertentu di jam tertentu) atau umum (misalnya, zaman dahulu kala di sebuah kerajaan).
- Memiliki Konflik (Conflict): Konflik adalah inti dari sebuah cerita yang mendorong alur cerita. Konflik bisa berupa pertarungan antar karakter, perjuangan melawan alam, dilema moral, atau masalah internal karakter.
- Memiliki Amanat/Pesan Moral (Message/Moral Value): Sebagian besar narrative text, terutama yang bersifat fiksi, mengandung pesan moral yang dapat dipetik oleh pembaca.
- Menggunakan Past Tense: Umumnya, narrative text menggunakan simple past tense untuk menceritakan kejadian yang sudah berlalu. Namun, terkadang present tense juga digunakan untuk memberikan efek dramatis atau seolah-olah kejadian tersebut terjadi saat ini (historical present tense).
- Menggunakan Kata Kerja Aksi (Action Verbs): Teks ini kaya akan kata kerja yang menggambarkan tindakan karakter.
- Menggunakan Kata Sifat (Adjectives) dan Kata Keterangan (Adverbs): Untuk memperkaya deskripsi dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang karakter, latar, dan suasana.
Struktur Narrative Text
Sebuah narrative text umumnya memiliki struktur yang khas, yang membantu pembaca mengikuti alur cerita dengan baik. Struktur ini dikenal sebagai Generic Structure.
-
Orientasi (Orientation): Bagian ini memperkenalkan latar belakang cerita, termasuk siapa saja karakter yang terlibat, di mana dan kapan cerita itu terjadi. Bagian ini bertujuan untuk mempersiapkan pembaca masuk ke dalam dunia cerita.
- Contoh: "Once upon a time, in a small village nestled beside a vast forest, lived a kind-hearted girl named Cinderella. She lived with her wicked stepmother and two stepsisters who treated her cruelly."
-
Komplikasi (Complication) / Resolusi Masalah (Problem): Bagian ini memperkenalkan masalah atau konflik yang dihadapi oleh karakter utama. Konflik ini akan menjadi pendorong utama jalannya cerita.
- Contoh: "One day, the King announced a grand ball to find a bride for the Prince. Cinderella longed to go, but her stepmother forbade her and gave her impossible chores to do."
-
Evaluasi (Evaluation) (Opsional): Bagian ini memberikan komentar atau pandangan penulis terhadap jalannya cerita atau kejadian yang terjadi. Ini seringkali tidak eksplisit dan lebih kepada nuansa cerita.
-
Resolusi (Resolution): Bagian ini adalah akhir dari cerita, di mana konflik terselesaikan. Karakter utama berhasil mengatasi masalahnya, dan cerita mencapai kesimpulan.
- Contoh: "With the help of her fairy godmother, Cinderella attended the ball and danced with the Prince. Eventually, her true identity was revealed, and she married the Prince, living happily ever after."
-
Reorientasi (Reorientation) (Opsional): Bagian ini bersifat opsional dan seringkali berisi pelajaran moral atau rangkuman akhir dari cerita.
- Contoh: "And so, it is proven that kindness and perseverance will always be rewarded."
Unsur Kebahasaan dalam Narrative Text
Selain struktur, pemahaman tentang unsur kebahasaan juga penting:
- Sentence Connectors (Kata Penghubung Kalimat): Then, next, after that, later, finally, meanwhile, suddenly, however, but, so, because.
- Time Connectors (Kata Penghubung Waktu): Once upon a time, in the beginning, in the past, one day, long ago.
- Past Tense Verbs: Walked, ran, said, saw, ate, slept, helped, was, were.
- Adjectives: Beautiful, brave, kind, wicked, handsome, mysterious, enormous.
- Adverbs: Quickly, slowly, happily, sadly, carefully, suddenly.
- Dialogue: Percakapan antar karakter seringkali dimasukkan untuk membuat cerita lebih hidup.
Contoh Soal Pilihan Ganda Narrative Text untuk Kelas 1 SMA
Mari kita berlatih dengan beberapa contoh soal pilihan ganda yang mencakup berbagai aspek narrative text. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda terhadap struktur, unsur kebahasaan, dan makna cerita.
Soal 1:
Read the following text carefully.
"Once upon a time, in a lush green valley, lived a young fox named Finn. Finn was known for his mischievous nature and his quick wit. He loved to play pranks on the other animals in the forest. One sunny morning, Finn spotted a plump hen guarding her chicks near the farmer’s fence. His eyes gleamed with an idea."
What is the orientation of the story above?
A. Finn’s desire to catch the hen.
B. The description of the lush green valley and Finn’s personality.
C. The farmer’s fence.
D. The hen guarding her chicks.
Pembahasan Soal 1:
- Orientasi adalah bagian yang memperkenalkan karakter, latar, dan waktu. Kalimat "Once upon a time, in a lush green valley, lived a young fox named Finn. Finn was known for his mischievous nature and his quick wit" memperkenalkan latar tempat (lush green valley), karakter (Finn), dan sifat karakter tersebut. Pilihan B paling sesuai dengan deskripsi orientasi.
Soal 2:
"He loved to play pranks on the other animals in the forest. One sunny morning, Finn spotted a plump hen guarding her chicks near the farmer’s fence. His eyes gleamed with an idea."
The sentence "His eyes gleamed with an idea" indicates the beginning of which part of the narrative structure?
A. Resolution
B. Complication
C. Orientation
D. Reorientation
Pembahasan Soal 2:
- Bagian ini menceritakan Finn melihat ayam dan muncul ide di benaknya. Ini adalah awal dari sebuah masalah atau tantangan yang akan dihadapi Finn, yang merupakan ciri dari komplikasi atau awal dari sebuah konflik.
Soal 3:
Read the following text.
"Long ago, in the kingdom of Althea, there was a beautiful princess named Aurora. She possessed a heart as pure as a diamond and a voice as sweet as a nightingale. However, a wicked sorceress, envious of her beauty, cast a spell upon her, causing her to fall into an eternal slumber on her sixteenth birthday. The entire kingdom was plunged into despair."
Which word in the text is a past tense verb?
A. Possessed
B. Beautiful
C. Kingdom
D. Envious
Pembahasan Soal 3:
- Past tense verb adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan yang sudah terjadi di masa lalu. Dari pilihan yang ada, "possessed" (memiliki) adalah bentuk lampau dari "possess".
Soal 4:
"A wicked sorceress, envious of her beauty, cast a spell upon her, causing her to fall into an eternal slumber on her sixteenth birthday."
The word "envious" is an example of a/an:
A. Adverb
B. Verb
C. Adjective
D. Noun
Pembahasan Soal 4:
- "Envious" menjelaskan sifat dari "sorceress" (penyihir). Kata yang menjelaskan kata benda (noun) adalah kata sifat (adjective).
Soal 5:
Read the complete story below.
(1) Once upon a time, in a small village, lived a hardworking farmer named Pak Budi. He owned a small plot of land and a single buffalo. (2) One morning, as Pak Budi was plowing his field, he heard a faint cry coming from the nearby forest. (3) He cautiously approached the sound and found a young deer trapped in a hunter’s snare. (4) Despite his own struggles, Pak Budi decided to help the injured animal. He carefully freed the deer and tended to its wounds. (5) As a token of gratitude, the deer’s mother, a majestic stag, appeared and blessed Pak Budi’s farm with abundant harvest for the rest of his life. (6) From then on, Pak Budi and his family lived a prosperous life, always remembering the kindness they showed to the helpless deer.
What is the resolution of the story?
A. Pak Budi found a young deer trapped in a snare.
B. The deer’s mother blessed Pak Budi’s farm.
C. Pak Budi decided to help the injured animal.
D. Pak Budi and his family lived a prosperous life.
Pembahasan Soal 5:
- Resolusi adalah akhir cerita di mana masalah terselesaikan. Dalam cerita ini, masalah Pak Budi (kesulitan bertani) terselesaikan karena anugerah dari induk rusa. Kalimat (6) yang menyatakan bahwa Pak Budi dan keluarganya hidup makmur adalah hasil akhir dari konflik dan tindakan baiknya.
Soal 6:
Based on the story in Question 5, what is the moral value of the story?
A. It is important to be hardworking.
B. Kindness to animals will be rewarded.
C. Always be cautious when exploring the forest.
D. Farmers should always check their fields.
Pembahasan Soal 6:
- Amanat atau pesan moral dari cerita adalah pelajaran berharga yang bisa diambil. Cerita ini jelas menggambarkan bahwa kebaikan Pak Budi terhadap rusa yang terluka mendatangkan keberkahan, sehingga pesan moralnya adalah kebaikan terhadap hewan akan mendapatkan balasan.
Soal 7:
Read the following text.
"The old wizard lived in a tower that touched the clouds. His beard was as white as snow, and his eyes twinkled like stars. He spent his days studying ancient spells and potions. One day, a young knight arrived at his tower, seeking a cure for his ailing king."
The phrase "touched the clouds" is an example of:
A. Hyperbole
B. Metaphor
C. Simile
D. Personification
Pembahasan Soal 7:
- "Touched the clouds" adalah ungkapan yang melebih-lebihkan ketinggian menara. Ini adalah contoh dari hiperbola, yaitu gaya bahasa yang melebih-lebihkan sesuatu. Simile menggunakan "like" atau "as" (contoh: beard as white as snow), metafora membandingkan dua hal tanpa menggunakan "like" atau "as", dan personifikasi memberikan sifat manusia pada benda mati.
Soal 8:
"His beard was as white as snow, and his eyes twinkled like stars."
These sentences use which literary device to describe the wizard?
A. Onomatopoeia
B. Alliteration
C. Simile
D. Assonance
Pembahasan Soal 8:
- Kalimat "His beard was as white as snow" dan "his eyes twinkled like stars" menggunakan kata penghubung "as" dan "like" untuk membandingkan dua hal. Ini adalah ciri dari simile.
Soal 9:
Read the following text.
"Maya was a curious girl who loved to explore. One afternoon, she found an old, dusty map in her grandfather’s attic. The map showed a hidden treasure on a deserted island. Excitement bubbled within her. She packed a small bag, grabbed a compass, and set sail in her father’s small boat."
What is the conflict introduced in this narrative?
A. Maya’s curiosity.
B. The dusty map in the attic.
C. Finding a hidden treasure on a deserted island.
D. Maya setting sail in her father’s boat.
Pembahasan Soal 9:
- Konflik adalah inti permasalahan dalam cerita. Dalam cerita ini, Maya menemukan peta harta karun di pulau terpencil. Perjalanan untuk menemukan harta karun tersebut (yang mungkin penuh rintangan) merupakan konflik utama yang akan dihadapi Maya. Pilihan C, "Finding a hidden treasure on a deserted island," menggambarkan tujuan yang menimbulkan tantangan.
Soal 10:
Which sentence uses simple past tense correctly?
A. Maya find a map yesterday.
B. Maya is finding a map yesterday.
C. Maya found a map yesterday.
D. Maya will find a map yesterday.
Pembahasan Soal 10:
- Simple past tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi dan selesai di masa lalu. Kata "yesterday" menunjukkan bahwa kejadian terjadi di masa lalu. Pilihan C, "Maya found a map yesterday," menggunakan bentuk lampau yang benar dari kata kerja "find" yaitu "found".
Soal 11:
Read the following text.
"The brave knight, Sir Gareth, set out on a perilous quest to rescue the princess from the dragon’s lair. He rode his trusty steed through dark forests and across treacherous mountains. Along the way, he encountered a wise old hermit who gave him a magical sword. Finally, he reached the dragon’s cave, ready for battle."
What is the purpose of this narrative text?
A. To inform readers about medieval knights.
B. To entertain readers with a story of adventure and bravery.
C. To persuade readers to become knights.
D. To describe the geography of medieval kingdoms.
Pembahasan Soal 11:
- Tujuan utama dari narrative text adalah untuk menghibur pembaca dengan sebuah cerita. Cerita tentang ksatria yang menyelamatkan putri dari naga adalah kisah petualangan dan keberanian yang dirancang untuk menghibur.
Soal 12:
"He rode his trusty steed through dark forests and across treacherous mountains."
The words "dark forests" and "treacherous mountains" are examples of:
A. Dialogue
B. Action Verbs
C. Descriptive Language
D. Plot Twists
Pembahasan Soal 12:
- Frasa "dark forests" dan "treacherous mountains" digunakan untuk menggambarkan suasana dan kondisi tempat petualangan ksatria. Ini adalah contoh dari bahasa deskriptif yang membantu pembaca memvisualisasikan latar cerita.
Soal 13:
Read the following text.
"The two friends, Leo and Mia, were walking home from school when suddenly, a fierce storm broke out. The wind howled, and the rain lashed down. They were far from home and soaked to the bone. Leo remembered an old, abandoned shed nearby. ‘Let’s take shelter there!’ he shouted over the wind."
What does the word "lashed" in the sentence "the rain lashed down" imply?
A. The rain was gentle.
B. The rain was falling very hard and forcefully.
C. The rain was accompanied by thunder.
D. The rain was a light drizzle.
Pembahasan Soal 13:
- Kata "lashed" dalam konteks hujan mengindikasikan bahwa hujan turun dengan sangat deras dan kencang, seperti cambukan. Pilihan B paling tepat menggambarkan makna ini.
Soal 14:
"Leo remembered an old, abandoned shed nearby. ‘Let’s take shelter there!’ he shouted over the wind."
This part of the story represents the:
A. Resolution
B. Orientation
C. Complication
D. Reorientation
Pembahasan Soal 14:
- Munculnya badai yang tiba-tiba dan membuat Leo dan Mia basah kuyup, serta keinginan mereka mencari tempat berteduh, adalah bagian dari masalah atau tantangan yang mereka hadapi. Ini adalah komplikasi dari cerita.
Soal 15:
"Once upon a time, a little girl named Red Riding Hood was sent by her mother to visit her sick grandmother. She was told to stay on the path and not to talk to strangers. On her way through the forest, she met a wolf."
What is the sequencing word used in the first sentence?
A. Once upon a time
B. Was sent
C. To visit
D. And not
Pembahasan Soal 15:
- "Once upon a time" adalah frasa yang umum digunakan di awal cerita narrative untuk menunjukkan permulaan waktu atau latar cerita. Ini adalah kata penanda urutan waktu.
Kesimpulan
Memahami narrative text adalah keterampilan penting bagi siswa kelas 1 SMA. Dengan menguasai struktur, ciri-ciri, dan unsur kebahasaannya, siswa akan lebih mudah dalam menganalisis teks, menjawab soal-soal ujian, bahkan mengembangkan kemampuan menulis cerita mereka sendiri. Latihan yang konsisten dengan berbagai jenis soal, seperti contoh pilihan ganda di atas, akan memperkuat pemahaman dan kepercayaan diri siswa. Ingatlah untuk selalu fokus pada alur cerita, karakter, latar, dan konflik yang disajikan. Selamat belajar dan berlatih!
>
